Berkendara, antara sebuah kebutuhan dan keinginan (hobby)

5 Mar

Berkendara merupakan sebuah kebutuhan semua manusia, sebab dikarenakan fungsinya sebagai alat tranportasi untuk berpindah tempat ke tempat yang lain nya. Adapun manusia menggunakan “kendaraan” sudah terjadi ketika ribuan bahkan mungkin jutaan tahun yang lalu… bedanya klo dulu kendaraan tersebut ialah makhluk hidup (hewan), sekarang di era modern sudah berubah menjadi mesin (barang), walaupun tidak secara mutlak menghilangkan “hewan” dari list kendaraan sebagai alat tranporttasi.

Tapi yang menarik ialah, saat ini atau mungkin sudah lama juga. Hehe, kendaraan aga beralih fungsi, yang tadinya hanya sebagai alat tranportasi (kebutuhan), kini di tambahn dengan keinginan (hobby). Dan kayanya sudah ga usah di omongin lagi bagaimana fungsi kebutuhan tadi sedikit “ber-tranformasi” menjadi sebuah kebutuhan..

Salah satu tulisan tentang hal ini sebenernya sudah di bahas detail oleh bro SF😀 (motor harian VS motor hobby), keduanya (kebutuhan dan keinginan) sebenernya mempunyai fungsi yang sama yaitu alat transportasi, tetapi lebih dari itu untuk hal keinginan (hobby) sudah jelas ada nilai + yaitu kepuasan.. betul ga bro? hehe

Sedikit cerita aja, ketika pertama kali punya motor, sekitar 7 tahunan yang lalu.. saat itu beli Honda win thn 1997 -2nd– (belalang tempur:mrgreen: ), karena pertama kali punya motor.. berpikirnya hanya “sakarepnya”, hehe.. singkat cerita si belalang tempur:mrgreen: dipake buat kuliah dan dagang (jualan sambil kuliah, bukan kuliah sambil jualan.. ohoho), tahun-tahun pertama sih oke-oke aja… hingga akhirnya di rumah ibu buka warung kecil-kecilan, ya otomatis harus bantu donk (anak baik gethoo..hoho), bawa barang belanjaan yang seabreg pun hampir 2 kali seminggu dan sempat beberapa kali terjatoh gara2 terlalu banyak muatan (jangan ditiru.. hehe).. dan lebih parah nya pada saat itu malah lagi seneng2 nya ngoprek motor, alhasil si belalang tempur mengalami berubah jadi-jadian seperti motorcross kaga supermoto apa lagi, yang ada kaya makhluk jadi-jadian .. hahaha, dan ternyata imbas dari itu (selain keluar duit yang lumayan) bawa barang-barang belanjaan pun jadi ribet banget.. pokoknya kesiksa bro😦 , akhirnya ga seberapa lama dari itu si belalang tempur di lego, di gantikan sama si MX yang aga sesuai kebutuhan, bukan keinginan

Dari sedikit pengalaman tersebut, 1 pelajaran yang bisa di ambil.. jangan campur adukan antara keinginan dan kebutuhan, klo saya sendiri merasakan jadi sengsara banget, mending bagusnya ada yang khusus buat kebutuhan, ada yang buat keinginan (hobby).. tapi kadang realitasnya ga bisa seperti itu, saya pun merasakan seperti itu… ketika mau beli byson, sempat terpikir untuk jual si MX, tapi ketika di pikir2 lagi, duh klo di jual malah nyusahin diri😦, ya akhirnya dengan banyak pertimbangan si MX pun masih bertahan dan menjadi motor yang paling banyak berjasa (buat ngangkut2 balanjaan warung).. hehehe

Jadi pendapat saya bagi mas bro sekalian yang punya keinginan tetapi terhambat dengan kebutuhan (seperti ane😉 ), baiknya sabar dulu.. prioritaskan kebutuhan, nabung dulu, kerja/usaha yang rajin dulu… ntar klo tabungan dah cukup.. baru deh mulai beralih kepada keinginan (hobby)

Tapi banyak juga lo mas bro yang mengabungkan antara kebutuhan dan keinginan, misalnya ninja RR yang dipake jualan bubur, CBR 150 yang dipake jualan sayur, ya. Klo menurut mereka tidak menganggu dan tidak nyusahin diri sendiri sih ya terserah mereka, wong yang punya motor mereka sendiri.. hehe, tapi klo saya sendiri suka sedih klo tungangan yang sifat nya hobby lecet-lecet karena dipaksaain untuk sebuah “kebutuhan”..😀

Ya, gitu menurut pendapat pribadi ane yang masih subjective.. yang mungkin setiap orang punya pendapat sendiri2 akan sebuah kebutuhan dan keinginan dan ini juga baru diobrolin tentang kebutuhan dalam lingkup ‘keluarga’ belum lagi dalam hal tranportasi public, dll.. bakalan panjang x lebar bro ..ehehe

4 Responses to “Berkendara, antara sebuah kebutuhan dan keinginan (hobby)”

  1. smartf41z March 5, 2012 at 2:18 pm #

    Aduh kasian ninja dan cbrnya.😛

    • izzi March 6, 2012 at 1:44 pm #

      jangan kan CBR ato ninja.. si byson aja klo di gituin.. kasian😀

  2. vixi gas pool May 30, 2012 at 2:53 am #

    aduhh boyy ente ga sayang gt sama ntu motor,,
    vixi ane juga ga bakalan d gituin
    aduuhh >:O

  3. Yoyok Efendi Mayayuliana June 15, 2013 at 4:27 am #

    KTM 500 cc bermesin Diesel http://yoyokefendi99.blogspot.com/2013/06/ktm.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: